Online Music Arranger

Cara merekam sebuah lagu

Cara merekam sebuah lagu

Apakah Anda pernah membuat sebuah karya yang hebat sekali dalam seumur hidup dan apakah Anda ingin sekali membaginya dengan dunia? Atau, apakah Anda seorang pemula yang sedang mencoba membuat rekaman dengan beberapa lagu demo? Terlepas dari situasi Anda, rekaman musik mengizinkan Anda untuk membuat sebuah rekaman permanen dan definitif yang bisa di bagi, di promosikan, dan di jual sebanyak (atau sedikit mungkin) sesuai dengan keinginan Anda. Bagi yang belum berpengalaman, proses merekam sebuah lagu bisa sangat menakutkan. Namun, dengan kesabaran dan kerja keras, hal itu mungkin bagi hampir semua orang untuk merekam lagu yang bagus di rumah atau di studio profesional. Lihat Langkah-langkah di bawah ini untuk memulai!

Melakukan Persiapan untuk Membuat Rekaman

1.Jika Anda belum melakukannya, tulislah sebuah lagu. Mencoba untuk merekam sebuah lagu yang belum selesai di tulis adalah seperti menulis sebuah novel tanpa ada ide tentang alur cerita atau karakter yang akan Anda gunakan — sangat sulit. Apakah Anda membuat rekaman di garasi atau di Studio Abbey Road, Anda akan ingin memiliki seluruh lagu sudah selesai di buat sebelum mulai merekam. Ini menghemat waktu Anda daripada harus mengulang-ulang rekaman lagu sampai Anda selsai membuatnya dan jika Anda menggunakan sebuah studio profesional, diperlukan uang untuk membayar sewa studio.
  • Ini berarti bahwa struktur lagu Anda kurang lebih sudah harus diputuskan ketika Anda tiba di studio, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus memiliki setiap catatan yang sudah direncanakan sebelumnya. Sebagai contoh, beberapa seniman merekam lagu solo mereka langsung di studio. Dalam beberapa aliran musik, seperti Jazz, seluruh bagian dari lagu tersebut bisa di improvisasi — masih, bahkan dalam kasus ini, para musisi tahu kapan waktunya untuk memulai dan mengakhiri setiap bagian dari lagu dan bagaimana untuk tetap berada di dalam waktu yang sama antara bagian satu dengan yang lain.
2.Sebagai alternatif, pilih sebuah lagu untuk di nyanyikan kembali. Tidak semua lagu yang Anda rekam harus buatan sendiri. Anda juga bisa merekam lagu orang lain dengan versi Anda sendiri (hal ini dinamakan "Cover"). Tidak ada rintangan hukum untuk merekam cover, meskipun Anda berkewajiban untuk memberikan pengakuan kepada penulis lagu asli jika Anda menjual versi komersial. Beberap hit musik terbesar memiliki cover (meskipun tidak selalu di kenal di antara para penggemar musik). Berikut adalah beberapa cover lagu yang terkenal:
  • "Tainted Love" oleh Soft Cell (aslinya oleh Gloria Jones)
  • "Girls Just Wanna Have Fun" oleh Cyndi Lauper (aslinya oleh Robert Hazard)
  • "Hound Dog" oleh Elvis Presley (aslinya oleh Willie Mae "Big Mama" Thornton)
  • "All Along the Watchtower" oleh Jimi Hendrix (awalnya oleh Bob Dylan)
  • "Jolene" oleh the White Stripes (aslinya oleh Dolly Parton)
  • "I Think We're Alone Now" oleh Tiffany (aslinya oleh Tommy James and the Shondells)
3.Berlatih, berlatih dan berlatih. Tidak peduli kapan dan di mana Anda membuat rekaman, hal itu akan selalu menjadi kebutuhan Anda untuk berlatih lagu yang sudah Anda buat sampai Anda hapal lagu itu seperti bagian belakang dari tangan Anda (semoga kapalan). Pada saat Anda menyalakan mikrofon, Anda ingin bisa di andalkan untuk memainkan seluruh lagu tanpa membuat kesalahan kecil yang tidak perlu. Jika Anda tidak bisa melakukannya, maka Anda berisiko membuang banyak waktu untuk memainkan lagu berulang kali saat Anda mencoba untuk mengambil rekaman yang sempurna.
  • Ini "sangat" penting jika Anda menggunakan studio rekaman profesional. Meskipun Anda bisa lolos dengan mudah dengan membuat beberapa kesalahan ketika membuat rekaman di garasi Anda, datang ke studio rekaman tanpa persiapan bisa memalukan dan memakan biaya. Pemakaian studio bisa sangat mahal (Tidak jarang untuk layanan studio berkualitas cukup tinggi dengan biaya sewa selitar Rp.1.200.000 per jam atau lebih), sehingga setiap kali Anda melakukan kesalahan dan harus memulai dari awal, Anda kehilangan uang. Di tambah, penata suara yang berpengalaman akan hadir ketika Anda merekam di studio — apakah Anda ingin mengacau di depan mereka berulang kali?
4.Memiliki berbagai macam peralatan yang di butuhkan untuk kedengaran "cukup baik". Sama seperti jika Anda ingin bermain melalui lagu tanpa kesalahan sebelum Anda mulai rekaman, Anda juga akan ingin memiliki semua peralatan dan aksesoris yang Anda butuhkan untuk membuat suara musik Anda tepat sebelum Anda masuk ke dalam studio rekaman. Sementara banyak studio profesional memiliki berbagai macam amplifier, kabel, pedal efek, dan bahkan instrumen yang siap di gunakan, tidak ada jaminan bahwa mereka akan memiliki semua yang di butuhkan untuk membuat suara seperti yang Anda inginkan, jadi jangan mengandalkan hal ini. Sebaliknya, memiliki semua peralatan Anda sendiri untuk menghindari kerumitan menyesuaikan diri dengan pengaturan yang baru.
  • Tentu saja, jika Anda merekam di rumah, semua yang akan Anda gunakan adalah peralatan yang Anda miliki (atau apa pun yang bisa Anda pinjam dari teman).

Merekam Lagu Anda

Membuat Rekaman di Rumah

1.Miliki setidaknya satu mikrofon komputer dengan kualitas yang baik. Jika berhubungan dengan rekaman di rumah, Anda hanya di batasi oleh waktu yang Anda miliki dan uang yang ingin Anda habiskan untuk perlengkapan. Tergantung pada pengaturan rekaman yang ingin Anda miliki, biaya peralatan rekaman di rumah bisa berkisar dari sekitar satu juta sampai puluhan juta rupiah. Setidaknya, Anda harus membeli satu buah mikrofon dengan kualitas yang pantas untuk merekam suara Anda dan atau peralatan musik. Jangan mengandalkan mikrofon yang ada di komputer — alat ini kualitasnya kurang bagus untuk membuat rekaman dengan baik.
  • Bahkan di antara mikrofon dengan kualitas bagus, Anda akan memiliki banyak pilihan. Mikrofon yang paling terjangkau akan memerlukan biaya sekitar satu juta rupiah, sementara barang-barang berkualitas tinggi bisa didapatkan dengan harga puluhan juta rupiah.
  • Jika Anda berusaha untuk membuat musik elektronik tanpa vokal, Anda mungkin tidak perlu sebuah mikrofon. Namun, dalam kasus ini, Anda mungkin membutuhkan peralatan pengetesan, perangkat lunak tambahan, dan seterusnya.
2.Mengunduh atau membeli perangkat lunak untuk rekaman. Untuk membuat rekaman yang baik di rumah, Anda akan membutuhkan program di komputer yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Di sini, Anda memiliki banyak pilihan — program rekaman profesional membutuhkan biaya sekitar Rp.12.000.000, tetapi berbagai macam program alternatif yang murah dan gratis bisa di gunakan untuk kebutuhan para musisi amatir. Sebelum Anda mulai merekam, pastikan bahwa program perekaman Anda terpasang di komputer dan bekerja dengan benar. Hal ini mungkin berarti Anda harus menguji mikrofon dan perangkat keras tambahan untuk memastikan bahwa program Anda mendapatkan audio. Di bawah ini adalah beberapa program rekaman audio yang murah dan gratis yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:
  • Audacity (gratis)
  • Wavosaur (gratis)
  • Wavepad (gratis)
  • Garageband (gratis, hanya tersedia untuk iOS, fitur tambahan biaya Rp.60.000)
  • FL Studio (Rp.1.200.000 ke atas untuk versi lengkap; Rp.120.000-Rp.240.000 untuk versi dasarnya)
  • atau anda bisa request software ke kontak kami, insya allooh akan kami berikan software yang anda request apabila memang software tersebut ada dalam koleksi kami.
3.Pertama, memasukkan susunan irama. Di sebuah studio profesional, hal pertama yang biasa akan di rekam adalah susunan penampilan. Semua musisi akan memainkan seluruh lagu bersama-sama tanpa berhenti, bahkan jika kesalahan kecil terjadi. Kemudian, setelah itu, mereka akan memainkan bagiannya masing-masing bersama untuk membuat audio dari penampilan. Namun, jika Anda merekam di studio rumah, kecuali jika Anda telah menghabiskan uang yang banyak untuk pengaturan Anda, mungkin Anda tidak memiliki peralatan yang cukup untuk merekam penampilan setiap musisi sekaligus. Kemudian Anda mungkin ingin mulai dengan merekam bagian irama. Dalam pengaturan band rock yang biasa, ini adalah drum, bass, gitar irama, dan setiap perkusi tambahan yang ada di lagu Anda. Pertama-tama drum, kemudian perkusi tambahan, kemudian bass, dan gitar irama yang terakhir
  • Susunan yang Anda buat untuk instrumen tersebut akan digunakan untuk membantu menjaga instrumen lain di irama ketika mereka bermain, jadi pastikan bahwa bagian berirama "terkunci" sempurna mengikuti irama lagu.
  • Untuk membantu para anggota di bagian irama untuk tetap mengikuti irama, mungkin akan membantu jika menggunakan metronom atau klik track. Kebanyakan program rekaman telah memiliki kemampuan ini.

4.Selanjutnya, masukkan instrumen utama. Setelah Anda menyelesaikan bagian irama, maka saatnya bagi Anda untuk menambahkan baris instrumen utama. Gitar utama, synthesizer, keyboard, dan masih banyak lagi bisa di rekam di saat ini. Sebagai aturan umum, jika bagian instrumen memainkan melodi atau penyeimbang melodi, Anda akan merekamnya di saat ini.
  • Saat Anda merekam setiap instrumen, mainkan di atas lagu yang sudah direkam. Dengan cara ini, setiap instrumen yang Anda rekam lebih mudah untuk mengikuti irama.
 
5.Terakhir, masukkan vokal. Jika Anda sudah memasukkan semua lagu instrumental dan Anda puas dengan kualitasnya, maka ini saatnya untuk merekam setiap bagian vokal. Jika hanya ada satu bagian vokal dalam lagu, Anda mungkin membayangkan bisa melakukan hal ini dalam satu kali pengambilan, tetapi jika lagu Anda memiliki banyak bagian harmoni, Anda perlu untuk merekam setiap bagiannya secara terpisah.
  • Untuk penyanyi, strategi yang bagus adalah dengan mengistirahatkan suara mereka dengan hati-hati sepanjang hari rekaman sampai saatnya untuk bernyanyi. Cobalah untuk menghindari bernyanyi, berteriak, atau berbicara untuk jangka waktu yang lama. Minum air yang banyak. Beberapa penyanyi ingin menenangkan pita suara mereka dengan teh dan madu. Hindari susu, karena hal ini dapat menghasilkan "phlegmy" yaitu perasaan di tenggorokan yang dapat menghambat bernyanyi yang baik.
 
6.Mengedit lagu Anda. Setelah selesai merekam semua bagian yang di perlukan untuk lagu Anda, luangkan waktu untuk merayakannya; bagian yang menegangkan telah berakhir. Selanjutnya, Anda akan menggunakan perangkat lunak pengeditan untuk menyempurnakan penampilan Anda. Lihat dan dengarkan inkonsistensi kecil dalam irama dan nada dan gunakan fungsi yang disediakan di dalam perangkat lunak untuk menghaluskan bagian yang kasar. Setiap program pengeditan akan sedikit berbeda, tetapi hampir semua akan memungkinkan Anda untuk mengatur volume dan keselarasan kiri atau kanan di semua bagian lagu, menghapus dan menyalin isi, dan memasukkan efek khusus. Gunakan perangkat lunak perekaman untuk membuat lagu di tingkat penyempurnaan yang Anda cari.
  • Simpan hasilnya sesering mungkin saat Anda mengeditnya. Membuat duplikat penyimpanan setiap kali Anda membuat perubahan besar. Kehilangan hasil pekerjaan dan harus merekam ulang di saat ini adalah mengecewakan dan sangat membuang waktu yang berharga.
7.Saat lagu yang Anda buat selesai, umukan hal itu! Akhirnya, Anda sudah selesai; bagian Anda semuanya sudah di rekam dan Anda sudah mengedit lagu sehingga lagunya sudah sempurna. Untuk melengkapi proses ini, simpan file Anda dalam format audio yang umum seperti .mp3, .wav, .flac, .ogg menggunakan fungsi "export" atau "publish" di perangkat lunak (Biasanya di bawah "File" atau setara dengan itu di bagian Menu).
  • Saat file Anda di simpan di dalam format baru, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda ingin mengirimnya ke email ke teman, mengcopy ke CD, atau mengunggah ke layanan streaming daring.

Membuat Sebuah Rekaman Profesional

1.Hubungi studio rekaman profesional. Tidak seperti rekaman di rumah, rekaman di studio bukan jenis hal yang bisa Anda anggap biasa ketika Anda memiliki waktu luang beberapa jam di hari Jumat. Studio sibuk, usaha dengan biaya tinggi, sehingga untuk keuntungan Anda dan studio, Anda harus menjadwalkan sebuah waktu di mana Anda akan merekam lagu Anda. Jumlah waktu yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa rumit lagu Anda. Lagu-lagu sederhana, seperti yang melibatkan hanya sebuah gitar akustik dan melodi vokal, bisa di bayangkan di rekam dalam waktu beberapa jam, sementara lagu yang melibatkan seluruh band membutuhkan waktu 10 sampai 15 jam.
  • Sebagai alternatif untuk studio rekaman komersial yang mahal, cobalah menghubungi sekolah seni lokal atau departemen seni di sebuah universitas. Beberapa sekolah akan mengizinkan musisi untuk merekam lagu-lagu mereka secara gratis supaya siswa yang sedang belajar produksi musik bisa memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan mereka dengan menggunakan peralatan profesional yang berkualitas di sekolah.
 
2.Mengetahui lagu Anda dengan sempurna pada saat Anda tiba. Salah satu perbedaan terbesar antara rekaman di rumah dan rekaman di studio adalah untuk yang kedua, waktu (baik milik Anda dan studio) selalu menjadi perhatian serius. Semakin lama Anda berada di dalam studio, semakin banyak uang yang akan Anda habiskan, dan tagihan bisa meningkat cukup cepat. Di sebuah studio kecil tapi profesional, biayanya bisa mulai dari sekitar satu juta rupiah sampai beberapa puluh juta rupiah untuk menyelesaikan proses rekaman untuk satu lagu. Karena biaya dasar ini yang akan bertambah jika Anda harus menambah waktu perekaman tambahan, Anda sangat ingin untuk benar-benar menguasai lagu Anda ketika sudah tiba di studio.
3.Pertama-tama lakukan pengambilan penampilan terlebih dahulu. Umumnya, setelah teknisi studio telah selesai menyiapkan peralatannya, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah bermain melalui seluruh lagu sekali tanpa berhenti. "Performa lagu" ini harus mencakup semua musisi yang hadir; Anda tentu ingin menjadikannya mendekati penampilan langsung sebaik mungkin. Meskipun Anda ingin melakukan yang terbaik, itu bukan akhir dari dunia jika Anda membuat kesalahan kecil di saat itu, karena tidak ada lagu dari penampilan ini yang khas yang akan membuatnya menjadi produk akhir, kecuali mereka di buat dengan sangat baik.
4.Selanjutnya, rekam lagu di urutan yang sama seperti di rumah. Setelah Anda (dan setiap musisi lain yang hadir) merekam penampilan, Anda akan bermain dan menyanyikan bagian Anda di atasnya sambil mendengarkan melalui satu set headphone. Mempunyai penampilan yang pada dasarnya "benar" untuk di mainkan secara umum membuat proses rekaman lebih cepat dan lebih mudah, meskipun kadang-kadang dapat mengambil sedikit waktu untuk menemukan tingkat volume yang memungkinkan Anda untuk mendengar diri Anda atas penampilan sambil bermain musik. Merekam lagu Anda di sekitar urutan yang sama seperti yang Anda lakukan di rumah: drum pertama, kemudian setiap perkusi tambahan, bass, gitar, kemudian gitar irama dan instrumen utama lainnya, dan yang terakhir vokal.
  • Idealnya, Anda ingin merekam setiap lagu dalam beberapa kali pengambilan, daripada harus membuang banyak waktu untuk pengambilan yang banyak, sehingga, seperti di tulis di atas, cobalah untuk mengenal lagu Anda dengan baik sebelum merekam. Beberapa kegelisahan pada awal proses perekaman tidak bisa di hindari, terutama jika Anda baru pertama kali melakukannya, sehingga sebagian teknisi akan merekomendasikan kepada Anda untuk mengikuti semacam kegiatan penghilang rasa gugup atau kegiatan santai sebelum memulai rekaman.
5.Melakukan pengeditan dan keputusan produksi dengan produser Anda. Ketika Anda merekam (dan setelahnya), teknisi Anda mungkin berbagi ide tentang bagaimana instrumen atau bagian tertentu harus berbunyi. Misalnya dia mungkin akan merekomendasikan untuk menambahkan efek tertentu, seperti reverb di vokal Anda untuk memberi kualitas seperti di tampilkan di sebuah ruangan besar dengan sedikit gema. Atau, dia mungkin memiliki saran tentang gurauan studio — mungkin itu terlalu panjang atau mengganggu. Dalam kasus apapun, itu terserah kepada Anda untuk berkomunikasi dengan teknisi mengenai suara rekaman yang Anda inginkan dan untuk menerima atau menolak saran dia.
  • Ini rekaman Anda, tetapi teknisi melakukan hal ini untuk mencari nafkah, jadi pastikan untuk setidaknya mempertimbangkan sarannya. Teknisi umumnya tidak akan mengomentari struktur atau susunan lagu Anda, hanya kualitas suara, sehingga tidak ada alasan untuk merasa terhina jika teknisi ingin mencoba melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dari yang Anda harapkan.
  • Ingatlah bahwa waktu yang di habiskan untuk melakukan percobaan dengan palet suara yang berbeda adalah waktu yang tidak bisa Anda kembalikan, jadi coba untuk melakukan setiap eksperimen dengan singkat.
 
6.Mengirim lagu Anda ke teknisi mastering. Saat rekaman selesai, Anda bisa pulang dan Anda mungkin akan diberi salinan rekaman yang masih asli, tetapi pekerjaan belum berakhir. Setelah bagian ini, rekaman tersebut umumnya dikirim ke seorang teknisi mastering, yang membuat penyesuaian yang tepat bagi rekaman untuk memastikan suaranya sebaik mungkin dalam proses yang disebut "mastering". Mastering melibatkan penyesuaian volume relatif dari lagu di dalam rekaman, memastikan konsistensi internal dengan menyesuaikan EQ rekaman dan gain, menggunakan kompresi untuk memberikan volume rekaman yang konsisten, dan banyak lagi. Melewatkan tahap mastering dapat menghasilkan rekaman yang terdengar "tipis" atau tidak seimbang, jadi ini dianjurkan untuk hampir semua orang yang merekam dalam pengaturan profesional.
  • Mastering memerlukan biaya sendiri selain biaya proses perekaman dasar. Hal ini membutuhkan setidaknya Rp1.200.000-Rp1.800.000 per lagu dan bisa menjadi lebih banyak lagi.
  • Hal ini sangat penting jika lagu Anda ingin diputar di radio, seperti semua lagu lain yang dibuat secara komersial.

Mengambil Langkah Berikutnya


1.Merekam beberapa lagu untuk membentuk album atau EP. Jika Anda memiliki banyak bahan untuk di rekam dan waktu serta sumber daya untuk melakukannya, pertimbangkan merekam album atau EP. Sebuah album koleksi standar dengan 8-15 lagu atau lebih yang mewakili rilis utama bagi seorang musisi, sementara EP (singkatan dari "Extended Play") adalah kumpulan dari lagu-lagu yang lebih sedikit yang biasanya hanya terdiri dari 3-5 lagu. Dengan album atau EP di genggaman Anda, maka Anda bisa mulai memperlakukan diri Anda sebagai artis yang serius dan bahkan menghasilkan uang dengan menjual pekerjaan Anda!
2.Membagikan musik Anda secara daring. Jika Anda baru saja merekam beberapa lagu baru yang keren, manfaatkan teknologi internet yang modern dan membaginya dengan fans Anda! Layanan streaming seperti Youtube, SoundCloud, dan Bandcamp memungkinkan Anda menjadi host dan membagikan lagu Anda dengan sangat murah atau gratis setelah membuat sebuah akun, menjadikan ini pilihan ideal bagi siapa saja yang ingin menjangkau penggemar dalam jumlah yang banyak dengan biaya yang minim.
  • Promosikan secepat mungkin lagu atau album ke semua teman-teman dan anggota keluarga, Anda juga mungkin ingin mencoba posting tautan ke album Anda di profil media sosial (Facebook, dll).

3.Menjangkau industri musik dan hiburan. Jika setelah mendengarkan rekaman yang baru Anda buat, Anda merasa yakin bahwa Anda memiliki hit masa depan di tangan Anda, cobalah hubungi seseorang yang memiliki kekuasaan untuk menempatkan musik Anda di radio dan di toko-toko. Misalnya, Anda mungkin ingin mencoba mengatur pertemuan dengan staf di sebuah perusahaan rekaman independen kecil atau mengirim musik Anda untuk di putar di pertunjukan langsung di daerah setempat untuk mendapatkan tempat di sebuah pertunjukan berbayar. Terlepas dari apa yang Anda lakukan, cara terbaik untuk mendapatkan perhatian di dalam industri ini adalah untuk tetap aktif — tampil di pertunjukan, merilis lagu baru, dan mengambil peran menentukan dalam karir musik Anda.
  • Selain itu, beberapa stasiun radio (terutama stasiun perguruan tinggi) menerima kiriman musik dari artis independen.

Tips

  • Percaya kepada diri sendiri! Terus mencoba dan jika Anda takut mengenai komentar yang akan Anda dapatkan, dengarkan diri sendiri atau tampil hanya untuk teman-teman dan keluarga Anda. Ambil satu langkah di satu waktu.
  • Cobalah untuk tampil di Pub atau bar, kemudian pindah ke klub malam. Mudah-mudahan Anda akan menemukan seseorang yang bisa mendapatkan perjanjian rekaman atau bahkan sebuah kontrak rekaman!
  • Sebagian orang mungkin tidak menyukai musik Anda: acuhkan mereka.
  • Seiring dengan penjualan CD, cobalah menjual lagu secara daring! Ini membantu untuk membuat Anda menjadi terkenal!

Selamat Mencoba...


Previous Next page