Online Music Arranger

Cara memperindah nyanyian tanpa les vokal

Cara memperindah nyanyian tanpa les vokal

Semua orang suka bernyanyi. Beberapa orang bisa berkicau seperti burung bulbul, dan beberapa orang berpikir melodi hanyalah nama anggota JKT48. Banyak orang mengikuti les vokal untuk memperindah nyanyian mereka, tetapi Anda mungkin ingin belajar bernyanyi dengan baik tanpa harus mengikuti latihan khusus. Anda ingin mengembangkan gaya sendiri atau mungkin masih terlalu malu untuk bernyanyi di depan orang lain. Kami akan memberikan beberapa kiat untuk memaksimalkan suara Anda. Tetaplah membaca!

Metode 1
Siapkan Suara Anda
1. Latih tangga nada. Ya, latih gerakan tari Anda. Awalnya mungkin tampak membosankan, tapi dengan melatih tangga nada, telinga Anda juga akan terlatih untuk mengenali nada yang tepat sehingga membuat Anda menjadi seorang penyanyi yang lebih baik. Anda mungkin akrab dengan lagu "Do Re Me" dari "The Sound of Music", yang sebenarnya merupakan lagu yang bagus untuk dipakai berlatih. Dasar lagu ini adalah solmisasi, yang bagus untuk melatih telinga.
Dalam solmisasi, nada pada tangga nada dinamai berdasarkan posisinya, bukan nama nada yang sebenarnya. Ini mempermudah kita untuk menyanyikan nadanya, tidak peduli Anda bernyanyi pada kunci apa. Pada kunci C, tiga nada pertama adalah C, D, dan E. Namun, pada kunci F#, tiga nada pertama adalah F#, G#, A#. Pada kedua contoh, dalam solmisasi, tiga nada pertama semuanya bernama do, re, mi.

Jika Anda memiliki gitar atau piano, gunakan alat musik tersebut untuk memandu dan memastikan bahwa Anda menyanyikan nada dengan tepat. Jika tidak, Anda bisa menggunakan sumber daya daring seperti Virtual Piano untuk membantu Anda.

2. Mulai dengan yang mudah. Nyanyikan do re mi dengan kunci yang berbeda-beda. Mulailah dari kunci C, dlanjutkan dengan kunci C#, dan naik kunci selanjutnya. Nadanya akan tampak seperti ini dengan solmisasi:
Tangga nada dasar. Do Re Mi Fa Sol La Si Do.
Lalu, variasikan. Naik dua nada, dan turun satu nada, sembari terus bernyanyi berpindah kunci.
Naik dua nada, turun satu nada. Do Mi Re Fa Mi Sol Fa La Sol Si La Do Si Re Do.
Mulailah dengan perlahan dan hati-hati. Berusahalah untuk menyanyikan nadanya dengan tepat, alih-alih menyanyikannya dengan sembarangan. Ini akan membantu Anda mengendalikan suara, dan Anda bisa menggunakan alat musik untuk memastikan bahwa nada yang Anda nyanyikan sudah tepat. Lebih baik Anda latihan secara perlahan, tetapi sangat tepat, daripada tergesa-gesa dan asal-asalan.

Metode 2
Jadilah Guru bagi Diri Anda Sendiri
1. Beli mikrofon. Tidak harus yang mewah. Bahkan Anda bisa menggunakan mikrofon yang sudah tersedia di komputer. Jika komputer Anda tidak memiliki mikrofon, Anda bisa membelinya di toko elektronik mana pun dengan harga yang sangat murah. Sambungkan mikrofonnya ke komputer Anda.

2. Buka aplikasi perekam suara pada komputer, ponsel pintar, atau Internet sehingga Anda bisa mendengarkan suara Anda sendiri.

3. Mainkan lagu yang Anda sukai dan Anda kenal. Mungkin akan membantu jika liriknya tersedia di hadapan Anda. Kuncinya adalah meresapi liriknya sehingga Anda tidak berpikir tentang apa yang harus dinyanyikan, tetapi bagaimana cara menyanyikannya.

4. Tekan tombol Record. Saat Anda sudah siap, ulangi lagu dari awal, lalu tekan tombol Record (biasanya merupakan tombol dengan gambar titik merah) pada perekam suara.
Bernyanyilah bersama penyanyi aslinya. Bernyanyilah sebaik yang Anda bisa. Berfokuslah pada pernapasan Anda dan nyanyikan nada-nadanya dengan benar (dengan mengikuti nada-nada yang dinyanyikan penyanyi aslinya).
Jika Anda berbuat salah, tidak peduli seberapa parahnya kesalahan Anda, jangan berhenti merekam. Bernyanyilah dan rekam sampai akhir lagunya. Nanti Anda akan punya cukup waktu untuk menyempurnakan nyanyian Anda. Untuk saat ini, yang terpenting adalah berlatih.
Saat lagunya sudah selesai, tekan persegi panjang hitam atau tekan spasi (yang akan menghentikan kebanyakan aplikasi perekam suara).
Putar ulang perekam Anda dengan menekan tombol panah yang menunjuk ke arah kiri dan memiliki batang vertikal di sebelahnya.

5. Tekan tombol Play untuk mendengarkan nyanyian Anda. Awalnya, Anda mungkin tidak akan menyukainya. Lupakan itu dan dengarkan secara keseluruhan. Itu satu-satunya cara agar Anda bisa memahami kesalahan apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda butuhkan untuk memperindah suara.
Dengarkan dengan saksama dan sadari di bagian mana Anda masih jelek dan sudah bagus.
Mainkan lagu aslinya lagi (kali ini tanpa bernyanyi atau merekam) dan bandingkan suara Anda dengan suara penyanyi aslinya. Mainkan satu bagian yang dinyanyikan penyanyi aslinya, lalu mainkan lagi bagian tersebut, tetapi kali ini yang Anda nyanyikan. Perhatikan perbedaannya.

6. Jika bisa, simpan rekaman Anda. Menyimpan rekaman lagu yang sama untuk waktu yang lama akan membantu Anda memantau kemajuan. Saat Anda sudah berkembang (dan pasti berkembang), mendengarkan rekaman lama membuat Anda mengetahui sudah sejauh apa Anda berkembang.

7. Coba terus. Setiap kali Anda merekam diri sendiri menyanyikan lagunya, usahakan untuk lebih berhati-hati saat bernyanyi. Jadilah lebih bergairah, atau tulus, atau apa pun perasaan yang ingin disampaikan lagunya. Resapi emosinya dan tampilkan dengan cara Anda sendiri.
Kecuali Anda berlatih untuk bernyanyi lagu dari band-band yang sudah ada, buat lagunya seperti milik Anda sendiri! Anda tidak harus bernyanyi dengan pemenggalan kata dan ekspresi yang sama dengan penyanyi aslinya. Tidak semua penyanyi populer merupakan penyanyi yang baik. Mereka hanya populer.

8. Bernyanyilah selama setidaknya setengah jam sehari. Semakin lama semakin baik, selama Anda tidak membuat suara Anda tegang karena hal tersebut bisa merusak suara. Semakin sering Anda melatih pita suara, semakin baik dan kuat suara Anda.

9. Temukan beragam cara untuk menghasilkan suara. Dari diafragma, tenggorokan, hidung. Pelajari cara mengisolasi setiap jenis suara yang Anda hasilkan. Semakin banyak pengetahuan Anda terkait cara menghasilkan suara, semakin mudah bagi Anda untuk mengendalikan suara yang Anda hasilkan.

10. Bernyanyilah seperti anak kucing. Salah satu cara yang bagus untuk memperindah suara Anda adalah bernyanyi meow dalam nada yang beragam. Hal ini bermanfaat karena meow mengandung semua huruf vokal utama dalam bahasa Inggris (mee, ah, oo) sehingga bisa membantu Anda ketika bernyanyi dengan lantang.
Katakan meow dengan sangat lambat, dan rasakan posisi resonansinya di mulut, hidung, dada, dll.

11. Latih belting. Setiap orang harus bernyanyi seolah-olah sedang berteriak, cepat atau lambat, tetapi Anda harus berlatih untuk membuat nyanyian Anda saat itu terdengar kuat dan energik, alih-alih putus asa atau memekik.

12. Carilah sumber lain untuk membantu memaksimalkan potensi Anda dalam bernyanyi. Contohnya, kunjungi YouTube. Ada banyak sumber dari orang-orang yang suka berbagi pengetahuan mereka. Beberapa orang juga menjual produk, tetapi itu tidak penting jika Anda tidak menginginkan atau membutuhkannya.
Minta teman-teman dan keluarga, atau guru musik setempat, untuk memberikan kiat-kiat. Minta mereka untuk berkata jujur sehingga mereka tidak merasa harus memuji Anda. Bahkan, jika mereka memang memuji, ucapkan terima kasih kepada mereka, kemudian tanyakan kepada mereka, apa yang harus diperbaiki.

Tips
Jika orang lain mengejek Anda dan mengatakan bahwa Anda tidak bisa bernyanyi, tetaplah bernyanyi! Jika bernyanyi merupakan kegiatan yang benar-benar Anda cintai, buktikan kepada mereka bahwa Anda bisa melakukannya.
Salah satu latihan yang bagus adalah mencari versi karaoke lagu-lagu kegemaran Anda di Youtube (karaoke adalah versi sebuah lagu yang suara penyanyinya dihilangkan).
Sabar. Belajar bernyanyi agar suara Anda bisa seindah orang yang berlatih vokal dengan pelatih bisa memakan waktu yang cukup lama. Sebenarnya, berlatih vokal memberikan hasil yang jauh lebih cepat, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa belajar secara autodidak!
Ya, kita bisa memperindah nyanyian tanpa harus berlatih vokal dengan seorang pelatih. Latihan akan lebih mudah jika Anda sangat menyukai musik dan berfokus pada musik. Hanya ada enam langkah yang harus Anda lakukan:
Pilih lagu kegemaran yang Anda kenal baik. Berlatihlah menyanyikan seluruh lagunya dengan lirik serta iringan musik.
Rekam atau mainkan lagunya di komputer, telepon, dll.
Dengarkan lagunya berkali-kali. Anda harus menyanyikan lagunya sembari mendengarkan, sampai Anda puas dengan nyanyian Anda.
Nyanyikan lagunya tanpa musik atau suara penyanyinya. Rekam nyanyian Anda.
Dengarkan rekaman suara Anda. Jika tidak puas, Anda harus bernyanyi dan merekam terus sampai merasa puas.
Ketika sudah merasa puas, Anda akan bisa bernyanyi dengan lebih percaya diri.
Bergabung paduan suara membantu Anda mempelajari teknik vokal yang tepat. Anda juga bernyanyi dengan orang lain sehingga keterampilan harmonisasi Anda juga terbantu.
Santai sesering mungkin. Lakukan peregangan, minum air, dan bernapas dalam-dalam sebelum Anda bernyanyi. Dengan begitu, Anda akan sangat santai ketika bernyanyi.

Peringatan
Jangan khawatir jika menurut Anda suara Anda jelek. Suara kita selalu terdengar aneh bagi diri sendiri. Mintalah anggota keluarga atau teman untuk mendengarkan Anda bernyanyi sehingga mereka bisa memberi tahu seindah apa nyanyian Anda.
Kiat-kiat di atas bisa membuat marah tetangga dan keluarga. Bicaralah dengan keluarga Anda, katakan betapa pentingnya menyanyi bagi Anda, dan yakinkan mereka, bahkan jika itu artinya mereka harus bertahan mendengarkan suara yang mengerikan untuk sementara waktu. Suara Anda akan semakin indah dan pada saat itu mereka akan senang mendengarkan suara Anda. Jika perlu, berjanjilah untuk tidak berlatih selama acara televisi kegemaran mereka.
Jika berlatih vokal tanpa pelatih, Anda mungkin akan mempelajari teknik yang bisa merusak suara Anda. Belajar bernyanyi dengan benar sangat penting agar suara Anda tidak rusak. Seorang pelatih vokal bisa menunjukkan teknik yang harus dihindari dan yang bisa digunakan.

Hal yang Anda Butuhkan
Mikrofon
Musik favorit Anda (CD atau fail digital)

Selamat mencoba...


Previous Next